SEPUTAR APP INVENTOR

Apakah App Inventor itu?


App Inventor adalah sebuah tool untuk membuat aplikasi android, yg menyenangkan dari tool ini adalah karena berbabasis visual block programming, sehingga kita dapat membuat aplikasi tanpa kode satupun. Dengan app inventor ini kita tidak harus memiliki basic programmer, mengerti kode-kode atau harus berkecimpung dalam dunia teknologi informasi. App Inventor juga tidak hanya digunakan untuk membuat aplikasi, tetapi juga bisa digunakan untuk mengasah otak.

Pada Awalnya App Inventor ini dikelola oleh Google, dan saat ini dikelola oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT). App Inventor ini memungkinkan pengguna baru untuk memprogram computer untuk menciptakan aplikasi perangkat lunak bagi sistem operasi Android.

Apa saja Kelebihan App Inventor itu?


1. Anda tidak perlu menghafal dan mengingat instruksi atau kode kode program.
2. Komponen dan block event tersedia dengan lengkap.
3. Layaknya sebuah objek anda tinggal merangkainya dengan komponen dan block yg sesuai dengan fungsinya.
4. Event handler akan memudahkan anda dalam menangani setiap kejadian atau event yg ingin anda handle.

Apa saja yg Bisa anda lakukan dengan App Inventor?


1. Untuk Bermain
Disisni kita bisa bermain mengasah otak seperti halnya mengisi TTS, atau belajar sebagai basis untuk menguatkan kemampuan logika.

2. Alat Pembelajaran
jika anda adalah seorang guru atau dosen maka aplikasi App Inventor ini sangat pas untuk anda, karena App Inventor ini akan menjadi alat pengajar yg hebat, karena visualisasi akan mempermudah siswa dalam memahami dan menguasai apa yg anda ajarkan.

3. Membuat Aplikasi
mulai dari membuat prototype, atau aplikasi serius lainnya yg bisa anda jual. apabila anda telah mencoba menggunakan App Inventor, maka anda akan merasakan kemudahannya.

Komponen Di dalam App Inventor:

1. KOMPONEN DESAINER
Komponen Desainer berjalan pada browser yg digunakan untuk memilih komponen yang `dibutuhkan dan mengatur property nya. Pada komponen desainer terdapat 5 bagian yaitu:

          a. Pallete : list komponen yg bisa digunakan
          b. Viewer : untuk menempatkan komponen dan mengaturnya sesuai tampilan yg diinginkan
          c. Component : tempat list komponen yg dipakai pada project kita
          d. Media : mengambil media audi  atau gambar untuk project kita
          e. Properties : mengatur properties komponen yang digunakan, seperti width, height, name, dll

2. BLOCK EDITOR
Block berjalan diluar browser dan digunakan untuk membuat dan mengatur behavior dari komponen komponen yang kita pilih dari komponen desainer.

3.EMULATOR
Emulator digunakan untuk menjalankan dan mengetest project yang telah kita buat. sehingga bagi anda yg tidak mempunyai android pun tetap bisa belajar, Karena App Inventor menyediakan emulatornya juga.

Sekian yg dapat saya jelaskan seputar App Inventor, Semoga bermanfaat....:)
Share on Google Plus

About Unknown

0 comments:

Post a Comment